Jumat, 19 Oktober 2012

Zona Nyaman

Postingan ini Berhubungan dengan posting Time is Money waktu lalu. Dalam Time Is Money sempet disinggung-singgung mengenai zona nyaman. Apa sih zona nyaman itu?

Mungkin beberapa dari kita tidak mengerti apa zona nyaman itu? atau malah baru mendengar istilah zona nyaman itu sendiri. Sebenarnya, zona nyaman atau The Comfort Zone adalah keadaan dimana seseorang merasakan kenyamanan dalam hidupya, baik itu dalam arti positif maupun negatif. Namun kali ini saya akan membahas masalah segi negatif saja.

Pada dasarnya manusia yang terjerembap dalam zona nyaman akan melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Bangun tidur, makan, nonton TV, dsb semua berjalan seperti siklus. Rutinitas-rutinitas tersebut dilakukan setiap hari. Tanpa disadari, waktu terus berputar sehingga umur manusia pun berkurang. Dengan kondisi fisik dan usia yang renta, manusia tersebut baru menyadari bahwa ia telah menyia-nyiakan umurnya.

Lalu, apakah rutinitas yang dimaksudkan? yaitu rutinitas yang dilakukan dan kita merasa sangat nyaman didalamnya tanpa mau beranjak dari kenyamanan itu. Misalnya, bermalas-malasan. Ketika manusia lain yang rela meninggalkan zona nyaman sibuk menyibukkan diri untuk belajar hal baru, manusia dengan zona nyaman akan hanya bermalas-malasan dan tidak melakukan apa-apa untuk mempelajari banyak hal yang nantinya akan bermanfaat bagi dirinya.

Yang membedakan manusia dengan zona nyaman dan manusia yang rela meninggalkan zona nyaman adalah kesuksesannya. Ibarat kata pepatah "berakit-rakit kehulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu senang kemudian", manusia yang meninggalkan zona nyaman menerapkan pepatah ini, karena dahulu mereka telah mengecap susah, maka dikemudian hari mereka akan menuai sukses. Berbeda dengan orang dengan zona nyaman yang malah memilih untuk tidak susah dahulu, namun tentu saja dikemudian hari bukan kesuksesanlah yang mereka dapat, melainkan penyesalan.

Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

memang harus keluar dari zona nyaman kalau pengen sukses